Performance anda di kantor tidak hanya dipengaruhi oleh pembicaraan anda ataupun dari apa yang anda kenakan. Bahasa tubuh juga mempengaruhi performance anda secara keseluruhan. Karena secara tidak disadari, tubuh juga bisa menggambarkan kondisi perasaan anda yang sebenarnya. Nah lho?
Berbagai sikap, seperti cemas, ragu-ragu, malu dan takut, secara refleks bahasa tubuh anda akan mengungkapkannya, walaupun anda tidak mengatakannya. Lalu gimana dong sebaiknya bahasa tubuh yang benar? Kalau pengin tahu, di bawah ini adalah beberapa hal yang berhubungan dengan bahasa tubuh jika anda berhadapan dengan rekan kerja, boss atau siapa saja di kantor dalam suasana yang resmi. Simak deh..!
Posisi saat bicara
Posisi anda saat berbicara dapat disesuaikan dengan kondisi dan kesepakatan bersama, bisa berdiri atau duduk. Namun, biasanya kalau anda hanya melakukan pembicaraan berdua dengan boss, duduk berhadapan akan lebih baik.
Namun kalau anda memimpin rapat dan berhadapan dengan banyak orang, berdiri akan lebih baik daripada duduk. Karena energi yang dimiliki seseorang saat bicara sambil berdiri lebih besar daripada berbicara sambil duduk. Di samping itu, berdiri mengesankan lebih berwibawa dan menguasai keadaan. Sedangkan sikap duduk terus menerus menunjukkan sikap yang defensif.
Bersikap tenang
Pandanglah lawan bicara anda dengan tenang. Usahakan menatap setiap orang dengan penuh perhatian. Jika lawan bicara merasa diperhatikan, ia pun akan balik memperhatikan. Kontrollah nada dan cara bicara anda, jangan terlalu datar dan monoton karena akan membuat lawan anda bosan.
Tetapi juga jangan terlalu berapi-api, karena akan membuat lawan anda kesulitan mencerna pembicaraan anda. Selain itu anda akan mudah kelelahan. Saat anda harus mendengar, jangan mengetuk-ngetukkan jari, menggaruk-garuk kepala, menggigit-gigit kuku atau menatap kesana kemari. Karena sikap seperti itu menunjukkan perasaan yang gelisah dan tegang.
Bebaskan bagian depan tubuh anda
Sikap tubuh yang terbuka menunjukkan kejujuran dan kredibilitas anda. Menutup mulut dan melipat tangan di perut menunjukkan kesan bahwa anda menutup diri dan melindungi diri dari sesuatu yang salah. Sedangkan bertopang dagu dan menguap mengesankan anda sedang tidak bersemangat, tidak antusias dan malas bertindak.
Pakailah busana sesuai kesempatan
Busana merupakan impresi pertama dari kepribadian anda. Ini juga berkaitan dengan bahasa tubuh anda. Busana yang anda kenakan menunjukkan sejauh mana anda melihat dan menghargai diri sendiri.
Umumnya lingkungan kantor menuntut anda untuk berbusana yang mencerminkan kemauan bekerja dan berprestasi. Pilihlah mode yang dapat diterima dalam lingkungan kerja dan kenakan pakaian dengan jenis bahan yang nyaman, sehingga anda dapat berkonsentrasi penuh pada pekerjaan.
Hindari pakaian dengan bahan yang terlalu panas, model yang minim, ukuran yang kedodoran atau terlalu sempit, dan warna-warna yang terlalu mencolok. Kalau anda tetap nekat memakai jenis pakaian ini, anda akan tampak aneh. Bahasa tubuh anda pun akan menunjukkan bahwa anda sedang merasa tidak nyaman.
Sudah tahu kan bagaimana sebaiknya bahasa tubuh anda? Kalau ya, gunakan selalu bahasa tubuh yang mengesankan citra positif anda di kantor.
No comments:
Post a Comment