Thursday 5 June 2008

10 Tips Hidup Bahagia


1. SESUATU YANG INDAH. Kerjakan sesuatu yang menggairahkan. Misalnya, pergi ke mall, berkebun, ke taman rekreasi dengan anak-anak, mendengarkan musik. Coba juga untuk mengingat-ingat hal indah dan menarik di sekitar kita.




2. HAL POSITIF. Donorkan darah, zakatkan uang ke yatim piatu atau kerja sosial di panti asuhan. Semua yang berhubungan dengan kegiatan sosial akan menolong memperkuat rasa sosialisasi.

3. MATIKAN TV DAN RADIO. Selalu mendengarkan berita-berita yang aktual dapat menciptakan rasa takut dan gusar. Daripada melihat film atau video yang dapat menimbulkan perasaan negatif, lebih baik kerjakan sesuatu yang menyenangkan yang melibatkan seluruh keluarga.

4. BERSOSIALISASI. Keluar rumah, berkumpul dengan orang-orang yang belum Anda kenal sebelumnya, bercakap-cakap bersama-sama dan ceritakan apa yang Anda kerjakan. Rasa persahabatan akan menolong Anda merasa hidup aman di antara mereka sekaligus menghilangkan rasa takut yang sehingga membuat perasaan hidup lebih baik.

5. TERTAWALAH. Tertawa merupakan cara terbaik untuk melepaskan semua emosi negatif. Tertawa juga mengurangi ketakutan dan depresi. Pergilah makan siang dengan teman yang suka melucu. Pergi menonton film lucu atau film komedi. Bermainlah dengan anak-anak atau binatang piaraan.

6. KESEHARIAN POSITIF. Biasakan untuk memulai dan mengakhiri hari dengan catatan yang positif. Daripada membuka hari dengan menonton teve, mulailah dulu dengan sembahyang atau mendengarkan lagu atau cobalah untuk merenung dan yakin bahwa masih banyak kehidupan yang baik dibanding yang buruk di dunia ini.

7. KUASAI MARAH. Jangan biarkan kemarahan menguasai hidup Anda. Kemarahan bisa menyakitkan orang lain dan juga diri sendiri. Sebaiknya lakukan olah raga, meditasi, limpahkan semua perasaan emosi ke dalam buku harian, melukis, bahkan memainkan musik.

8. PIKIRAN MENYENANGKAN. Sebelum bangun pagi dari tempat tidur, pikirlah sesuatu yang menyenangkan yang akan dikerjakan yang dapat membuat Anda tersenyum. Entah mengingat kelakuan si kecil yang menggemaskan, cerita lucu, atau apa saja.

9.TERSENYUMLAH. Senyum di permulaan hari akan membuat Anda senang sepanjang hari. Penelitian membuktikan, senyum dapat membuat sistem imunisasi dalam tubuh berjalan dengan baik dan dapat mengurangi stres.

10. MAAFKANLAH. Kemampuan kita menjadi seorang yang pemaaf akan memperkuat hubungan persahabatan dengan sekeliling dan akan menolong jiwa kita menjadi lebih tenang


No comments: