Tuesday 4 November 2008

Bijak Menabung

Berikut cara-cara menjadi orang kaya...

1. Tak perlu pikir panjang, begitu hari gajian tiba, langsung sisihkan sedikitnya 10% gaji. Simpan di rekening tabungan terpisah.

2. Biasakan menghitung pengeluaran bulanan, seperti untuk pangan, perawatan pribadi, baju, atau kosmetik (bila perlu), transpor, listrik, telepon, kartu kredit, makan siang (bila bekerja di luar), sampai biaya pendidikan dan jajan anak.

3. Kontrol penarikan uang tunai dari ATM maupun bank. Ambil hanya untuk keperluan bulanan. Untuk mengirit biaya administrasi ATM, ambilah uang dalam jumlah banyak sekaligus.

4. Bagi-bagi uang tunai yang diambil, sesuai keperluan No.2. Bila perlu, masukkan ke amplop terpisah, agar pemakaiannya tak rancu.

5. Kurangi jatah makan di restoran. Untuk ini, cobalah bertanya pada rekan-rekan dimana tempat makan yang murah, tapi enak, bersih dan sehat.

6. Bila langkah No.5 berhasil, berjanjilah untuk mengurangi pengeluaran harian sedikitnya Rp10.000 (atau sesuai kemampuan). Lalu, tambahkan dana itu ke rekening tabungan setiap hari Jumat, atau simpanlah di amplop terpisah di rumah sebagai dana taktis (darurat).

7. Perhatikan penggunaan telepon atau listrik. Gunakan sesuai kebutuhan atau hanya untuk kepentingan tertentu.

8. Cobalah menahan diri untuk tak membeli barang diluar "daftar belanja bulanan". Bedakan antara kebutuhan dan keinginan.

9. Belajarlah menahan diri untuk tidak meminjam uang kepada sahabat atau tetangga. Kalau tak punya uang, Anda tidak perlu memaksakan diri berbelanja. (*)



2 comments:

kaos couple said...

bagus juga sarannya, patut untuk di coba entar dachh.
syukron syukron..

Anonymous said...

Handbags HermesHermes Belts vbcw hermes beltsKelly Hermes Handbags ozuv